Aplikasi Screenshot Laptop Terbaik

Dikala ini screenshot merupakan perihal yang terkenal dicoba banyak orang di segala dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Pemakaian screenshot telah lebih dari sebatas menangkap serta memberikan pesan eror yang ditampilkan layar laptop.
Walaupun lebih kerap digunakan oleh pengguna smartphone( menurut pengamatan penulis), pengguna laptop pula tidak jarang memakai screenshot buat menangkap informasi tertentu pada layar laptop mereka.
Disaat mau berbagi bimbingan memakai suatu aplikasi ataupun software misalnya. Supaya pembaca merasa lebih jelas serta menguasai, bimbingan tersebut umumnya dilengkapi dengan bantuan visual berbentuk foto hasil screenshot.

Tombol Screenshot Bawaan

Melaksanakan screenshot di laptop dapat dicoba semudah screenshot di smartphone. Perihal itu sebab pabrikan laptop telah memenuhi produk mereka dengan tombol screenshot khusus( Print Screen/ Prt Sc di laptop Windows) yang bekerja di seluruh sistem.
Cuma dengan memencet tombol Print Screen saja, Kamu telah dapat men- screenshot foto ataupun layar yang di idamkan. Tetapi, tombol screenshot bawaan ini mempunyai fitur yang terbatas, salah satunya cuma ada satu tipe format file saja.
Berikut merupakan langkah- langkah screenshot di laptop Windows memakai tombol Print Screen.
  • Windows 7, 8. 11, serta 10: Tekan tombol Windows+Print Screen buat screenshot layar penuh( foto langsung disimpan dalam format PNG di folder Pictures).
  • Seluruh tipe Windows: Tekan tombol Print Screen buat menyimpan kopian layar ke clipboard, setelah itu tempelkan ataupun paste ke aplikasi penyuntingan foto apa juga( pakai aplikasi bawaan Paint bila tidak mempunyai aplikasi penyuntingan foto yang lain).
  • Seluruh tipe Windows: Tekan tombol Alt+Print Screen buat menyimpan kopian layar” jendela yang aktif” ke clipboard, setelah itu tempelkan ataupun paste ke aplikasi penyuntingan foto apa juga.
  • Windows 10: Tekan tombol Windows+Shift+S buat menangkap sebidang layar serta menyalinnya ke clipboard.

Aplikasi Screenshot Laptop

Kamu membutuhkan aplikasi screenshot khusus bila menginginkan hasil yang lebih optimal. Kamu dapat memakai aplikasi screenshot bawaan ataupun pihak ketiga. Berikut merupakan sebagian saran aplikasi screenshot laptop yang profesional.

1. Snipping Tool

Ini merupakan aplikasi screenshot bawaaan yang dapat digunakan di Windows 7, 8, 8. 11, serta 10. Aplikasi ini membolehkan Kamu buat men- screenshot layar penuh, suatu jendela tunggal, ataupun area layar tertentu( wujud persegi panjang ataupun bebas).

Baca juga: Cara Screenshot di laptop asus

Beberapa fitur pula sudah disematkan, tercantum Penghapus, Pensil, Stabilo, serta lain- lain. Kamu pula dapat memilah di antara 4 tipe format file disaat hendak menyimpan hasil screenshot, ialah PNG, GIF, JPEG, ataupun MHT.
Cara memakai aplikasi ini sangat gampang. Awal, bila aplikasi Snipping Tool belum Kamu simpan di taskbar ataupun menu Start, Kamu dapat mencarinya lewat kotak Pencarian.
Berikutnya buka aplikasi kemudian pilih tata cara screenshot yang di idamkan. Sehabis screenshot berakhir, hasilnya dapat Kamu simpan di folder yang kalian pilih( default- nya folder Pictures).

2. Greenshot

Greenshot merupakan suatu program screenshot free serta open- source buat Microsoft Windows. Greenshot pula ada buat macOS, namun selaku perangkat lunak berpemilik lewat App Store. Sama semacam Snipping Tool, Greenshot pula gampang serta ringan buat digunakan( ukurannya cuma 1, 69 MB).
Greenshot dilengkapi dengan beberapa fitur yang sebagian di antara lain tidak ada di Snipping Tool, semacam menangkap halaman website( scrolling) yang lengkap dari Internet Explorer, membuat anotasi, sebagian opsi ekspor serta unggah, serta lain sebagainya.
Jutaan orang sudah mengandalkan Greenshot buat tiap aksi screenshot layar laptop mereka. Program yang dibesarkan oleh Thomas Braun, Jens Klingen, serta Robin Krom ini dirilis pada tahun 2007 serta sampai disaat ini sudah menunjang lebih dari 30 bahasa, tercantum bahasa Indonesia.

3. ScreenRec

ScreenRec pula membagikan kemudahan untuk Kamu yang mau mengambil tangkapan layar laptop ataupun Komputer.
Buat Komputer sendiri, triknya lumayan gampang, Kamu cuma butuh memilah bagian dari layar yang mau di- screenshot dengan memencet tombol Alt+S di keyboard, kemudian tekan ikon kamera di ScreenRec. Setelahnya, aplikasi hendak langsung mengambil tangkapan layar secara otomatis.
Tidak hanya dapat mengambil tangkapan layar saja, ScreenRec bisa diandalkan buat merekam kegiatan di layar.
Nah, untuk Kamu yang kerap mengikuti kelas ataupun meeting di tempat kerja, ScreenRec hendak sangat bermanfaat. Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa diunduh secara free. Kemudahan meng- capture layar pula dapat Kamu coba di OS lain semacam Linux serta Mac.

4. Snagit

Snagit merupakan aplikasi screenshot berbayar yang lebih diperuntukan untuk golongan handal. Sebagian fitur utama yang dipunyai oleh Snagit merupakan template yang bisa digunakan buat membuat dokumentasi visual, bimbingan, serta materi pelatihan dari hasil screenshot, membuat video ataupun GIF dari hasil screenshot, serta tujuan berbagi yang menunjang baik korporasi.
Fitur- fitur Snagit yang lain tercantum jendela pratinjau yang menampilkan foto yang diperbesar dari area di mana kursor melayang, editing ukuran foto, efek khusus, dll, toolbar kilat buat mempercepat proses screenshot, ada bermacam berbagai bahasa, menunjang banyak tata cara screenshot, serta masih banyak lagi yang yang lain.
Secara totalitas, Snagit menawarkan beberapa fitur screenshot unggulan buat hasil yang pula unggul. Snagit menawarkan percobaan free( tipe penuh) sepanjang 15 hari untuk mereka yang tertarik memakainya. Snagit ada buat Windows serta Mac.

5. Lightshot

Berikutnya, terdapat aplikasi Lightshot. Aplikasi screenshot laptop ini dapat Kamu pakai di Mac, ataupun Windows. Nah, kami sudah berupaya memakainya di MacOS. Serta hasilnya, lumayan membuat kami terkesan.
Akan namun, Lightshot ini lumayan menolong kami buat melaksanakan tangkapan layar dengan gampang serta instan. Secara tampilan, memanglah Lightshot terbilang simpel, sama semacam namanya, light. Kala awal dibuka, layar hendak langsung terseleksi, serta Kamu cuma butuh memilah bagian yang mau di- screenshot saja.
Lumayan seret kursor di bagian layar yang di idamkan, setelah itu memencet tombol‘ Simpan’ yang digambarkan dengan ikon save pada biasanya. Bila butuh, Kamu bisa memakai editing tool yang ada dalam software ini. Kabar baknya lagi, Lightshot dapat diunduh dengan free.

6. Gyazo

Kala berupaya aplikasi Gyazo tipe free, kami langsung bisa mengambil tangkapan layar dengan cara menyeret kursor semacam umumnya. Nah, bila di aplikasi lain tangkapan layar yang telah diambil hendak langsung masuk ke folder di laptop/ Komputer, Gyazo ini berbeda.
Ya, hasil screenshot- nya hendak tampak di halaman browser Kamu. Serta buat dapat menyimpannya ke perangkat, Kamu wajib melaksanakannya secara manual, dengan membuka image tersebut di tab baru, setelah itu menyimpannya lewat opsi yang ada di browser. Ataupun, Kamu bisa memberikan hasil tangkapan layar lewat link yang ada. Terkesan tidak instan, ya?
Tetapi, Kamu dapat menanggulangi perihal ini dengan berlangganan tipe pro dari Gyazo. Tipe pro- nya ini pasti mempunyai banyak fitur unggulan yang bisa Kamu nikmati. Salah satunya merupakan menyimpan hasil tangkapan layar ke akun Gyazo Kamu. Gyazo dapat diunduh serta digunakan di OS Windows serta Mac.

7. Awesome Screenshot

Jika aplikasi satu ini merupakan ekstensi yang dapat Kamu instal di Google Chrome. Ya, buat mulai memakainya, Kamu bisa mengunduh Awesome Screenshot lewat browser tersebut, kemudian nantinya aplikasi hendak langsung terpasang serta bisa digunakan.
Kamu tinggal memencet ikon Awesome Screenshot yang terdapat di bagian kanan atas layar, kemudian memilah opsi tangkapan layar ataupun perekaman video. Ataupun, Kamu cuma butuh mengklik kanan di mouse, kemudian pilih Awesome Screenshot serta tentukan opsi perekaman.
Catatan buat pengguna MacOS, jangan lupa atur izin screen recording pada preferensi sistem buat browser Google Chrome supaya aplikasi bisa berperan dengan baik.

8. TinyTake

TinyTake merupakan salah satu aplikasi screenshot laptop dengan fitur yang terbilang lengkap. Aplikasinya sediakan opsi pengambilan foto serta perekaman video. Kamu bisa mengambil tangkapan layar ataupun merekam video di bagian tertentu, ataupun full screen sekalipun.
Tidak cuma itu, TinyTake sediakan opsi anotasi pada rekaman ataupun tangkapan layar yang telah diambil. Cuma saja fitur ini masuk ke dalam fitur premium TinyTake. Dikala diinstal pada perangkat, ikon TinyTake hendak langsung ada di bagian toolbar serta pastinya di daftar program Komputer/ laptop Kamu.
Yang jadi kekurangan dari aplikasinya bisa jadi terletak pada keharusan pengguna buat login ke akun TinyTake, mengingat
TinyTake cuma sediakan online gallery buat menyimpan hasil tangkapan ataupun rekaman video di layar Komputer/ laptop.
Bila Kamu mengenakan tipe free, waktu perekaman videonya terbatas, ialah sampai 5 menit saja. Penyimpanan yang ada di online gallery juga cuma sebesar 2 GB. Bila Kamu tidak keberatan buat berlangganan, tidak ada salahnya buat berupaya. Tarifnya diawali dari$29. 95 per tahun ataupun kurang lebih Rp400. 000- an.

9. ScreenPresso

ScreenPresso pula memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dari aplikasi pesaingnya. Salah satu fitur unggulannya merupakan opsi pengeditan foto. Sayangnya, pada tipe free dari aplikasi ini, fitur editing- nya terbatas.
Sedangkan pada tipe pro- nya, terdapat opsi menarik semacam penghapusan watermark, dan peningkatan efek pada foto. Tipe pro- nya dibanderol dengan harga Rp400. 000- an buat satu kali pembelian.
Dari segi pemakaian, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi yang lain. Apalagi, Kamu tidak butuh melaksanakan instalasi sebab aplikasinya dapat langsung digunakan dikala Kamu membukanya.
Buat mengambil screenshot, lumayan tekan tombol PrintScreen pada keyboard Komputer/ laptop Kamu. Sama semacam kala Kamu melaksanakan screenshot manual pada OS Windows.
Bila Kamu tidak memanfaatkannya buat keperluan komersil, tipe free dari aplikasi ini dapat Kamu jadikan pilihan. Gimana, Kamu tertarik buat memakai Screenpresso? Oh iya, aplikasinya cuma ada buat platform Windows saja.

10. ShareX

ShareX merupakan suatu aplikasi screenshot open- source serta free digunakan. Salah satu keunggulan dari ShareX merupakan membolehkan penggunanya buat bisa mengunggah hasil screenshot ke bermacam tujuan ataupun layanan.
Terdapat banyak fitur- fitur keren yang lain yang ditawarkan oleh ShareX. Sebagian di antara lain merupakan” Scrolling Capture”( screenshot halaman panjang) di bermacam aplikasi,” Webpage Capture” di bermacam alamat web, menambahkan watermark ke hasil screenshot, serta masih banyak lagi yang yang lain.
Beberapa keunggulan yang dipunyai ShareX tidak hanya free merupakan tanpa iklan, ringan serta gampang digunakan, alur kerja yang bisa disesuaikan, opsi sharing yang gampang, tata cara screenshot yang banyak( di atas 10 tata cara), opsi tugas pasca- screenshot yang bermacam- macam serta sangat menolong, perlengkapan anotasi yang cukup lengkap, tata cara unggah yang pula bermacam- macam, serta lain sebagainya.
Aplikasi screenshot laptop ShareX bisa digunakan di Windows 7, 8. 11, serta 10. Bila tertarik buat memakainya, Kamu dapat langsung mengunduh ShareX di mari.
Nah, seperti itu sebagian rekomendasi aplikasi screenshot laptop yang bisa diandalkan. Bila Kamu pengguna rumahan, Kamu dapat memakai tipe yang free. Tetapi buat tujuan yang lebih handal, memakai tipe berbayar dapat sangat menolong. 

By admin