Cara Membersihkan Ram Hp Xiaomi
Cara Membersihkan Ram Hp Xiaomi

 

Cara Membersihkan Ram Hp Xiaomi 2023

Cara membersihkan ram hp xiaomi 2023 merupakan salah satu hal yang sebenar bisa dikatakan penting ya bisa tidak si tergantung dari pribadi kamu sebagai pengguna. Kalau saya sendiri sih jarang sih hanya beberapa waktu saja ketika misalnya tidak ada kegiatan baru mungkin buka hp dan mencoba membersihkan ram.

Ram merupakan salah satu faktor yang penting dalam sebuah hp salah satunya hp xiaomi, nah pada hp xiaomi sendiri rata-rata dibekali dengan ram yang cukup besar ya jarang sih dibekali ram kecil kalau xiaomi.
Nah terlebih untuk tipe sekarang rata-rata ram hp xiaomi cukup besar, namun ram yang besar bukan tanpa masalah tetap saja pasti suatu saat akan penuh.
Ketika ram hp xiaomi kamu penuh maka masalah akan timbul salah satunya adalah ketika menggunakan aplikasi sering force close dan hp xiaomi biasanya terasa lambat atau agak lemot dari biasanya.
Contonya begini ketika kamu sedang streaming atau misal bermain game, nah tiba-tiba game lemot dan tiba-tiba keluar nah kemungkinan besar ram xiaomi kamu telah penuh.
Nah jika sudah mengalami masalah diatas maka kamu harus segera mengambil tindakan nah salah satunya dengan membersihkan ram hp xiaomi.
Sebenarnya untuk membersihkanya ini sederhana sih tidak perlu ribet dan banyak toh intinya juga sama saja dan cara banyak juga belum tentu berpengaruh signifikan dalam cara membersihkan ram hp xiaomi.

Cara Membersihkan Ram Hp Xiaomi Terbaru

Nah bagi kamu yang tengah mengalami masalah ram penuh di hp xiaomi, jangan khawatir karena pada artikel berikut ini kamii berikan beberapa tips tentang bagaimana cara membersihkan ram hp xiaomi. Cara dibawah ini work disemua hp xiaomi ya seperti redmi 5a, 6a, redmi note 9 dan tipe xiaomi yang lainya.

1. Melakukan Restart Hp Xiaomi

Yang pertama cara membersihkan ram hp xiaomi yang paling mudah adalah dengan melakukan restart terhadap hp xiaomi kamu ini merupakan cara sederhana dan ampuh.
Ya mungkin menurut kamu ya cara restart hanya mematikan dan nanti hp menyala kembali, tetapi melakukan restart lebih dari pada itu.
Setelah melakukan restart maka sistem akan memulai ulang jadi ram pasti akan kembali ke normal, jadi cukup lakukan langkah restart maka ram akan bersih.
Untuk melakukan restart di hp xiaomi ini cukup mudah, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:
  • Langkah pertama silahkan kamu tekan dan tahan tombol power beberapa saat.
  • Nah maka akan muncul menu daya, nah disini pilih restart atau mulai ulang.
  • Tap dan hp xiaomi akan mulai proses restart, tunggu saja karena nanti hp xiaomi akan menyala otomatis.
  •  Selesai.

2. Gunakan Fitur Bawaan Yang Tersedia

Berikutnya jika diarasa cara membersihkan ram hp xiaomi yang pertama belum cukup maka kamu bisa memakai metode yang kedua yakni dengan menggunakan fitur bawaan.
Nah cara berikutnya ini juga simple kamu tidak perlu ribet-ribet karena fitur bawaan dari hp xiaomi juga sudah menyediakan fitur untuk membersihkan ram hp xiaomi.
Fitur tersebut berupa aplikasi yakni bernama Keamanan, nah fitur ini hampir tersedia di semua tipe hp xiaomi yaa atau bahkan semuanya tersedia.
Berikut langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama silahkan kamu buka hp xiaomi.
  • Lalu berikutnya silahkan buka tab alat dan buka aplikasi keamanan.
  • Nah didalamnya terdapat beberapa menu, untuk membersihkan ram pilih Meningkatkan kecepatan.
  • Proses pembersihan akan dimulai tunggu sampai selesai.
  • Maka kamu akan melihat bahwa kapasitas ram xiaomi akan bertambah.
  • Selesai.
Selain itu di aplikasi tersebut kamu juga bisa membersihkan penyimpanan atau menjaga keamanan hp kamu, karena sebenarnya fitur tersebut fungsinya banyak.

3. Nonaktifkan Beberapa Aplikasi

Yang ketiga tips cara membersihkan ram hp xiaomi adalah kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi di hp xiaomi milikmu tersebut.
Nah tentu kamu tahu bahwa ram akan penuh jika ada penggunaan aplikasi yang terlalu banyak salah satunya aplikasi yang berjalan di latar belakang.
Salah satu aplikasi yang banyak memakan ram adalah aplikasi game, media sosial dan beberapa aplikasi bawaan yang tersedia di hp xiaomi.
Berikut langkah-langkahnya:
  • Silahkan buka dulu aplikasi pengaturan.
  • Lalu jika sudah scroll sedikit kebawah dan pilih aplikasi.
  • Nah didaftar aplikasi tersebut cari dan pilih aplikasi yang menurut kamu jarangg dipakai.
  • Buka dan pilih opsi nonaktifkan.
  • Lakukan hal yang sama ke beberapa aplikasi lainya.

4. Rutin Bersihkan Recent Apps

Selanjutnya tips cara membersihkan ram hp xiaomi adalah kamu bisa membersihkan daftar recent apps, dengan begitu maka aplikasi yang baru saja dibuka akan benar-benar tertutup.
Karena kalau tidak dibersihkan maka kamu tetap bisa mengakses aplikasi tersebut secara langsung dengan cukup buka recent apps lalu pilih aplikasi tersebut maka akan langsung masuk.
Untuk membersihkan recent apps sendiri sangat mudah kamu cukup menekan tombol kanan atau lawan dari tombol kembali/back.
Lalu akan muncul semua daftar recent apps, silahkan tap bersihkan atau hapus maka daftar recent apps akan terhapus dan ram pasti akan berkurang.

5. Hapus Aplikasi Yang Kamu Anggap Tidak Perlu

Nah cara membersihkan ram hp xiaomi yang satu ini juga cukup ampuh jadi kamu cukup hapus saja daftar apikasi yang memang tidak penting atau jarang digunakan.
Semakin banyak aplikasi di hapus maka akan semakin bersih ram di hp xiaomi kamu, jadi karena disini tidak mungkin menghapus semuanya maka pilih yang menurut kamu perlu dihapus.
Kebanyakan aplikasi yang dihapus adalah aplikasi yang memang jarang digunakan dan itupun hanya memakai ram kecil, hal ini sebenarnya sama saja bohong.
Paling efektif hapus aplikasi yang memakai ram besar, tetapi yaitu tidak mungkin dong contoh aplikasi wa dan facebook atau aplikasi medsos lainya tidak mungkin kamu menghapusnya begitu saja.
Oleh karena itu kamu bisa menggunkan metode ketiga yakni dengan menonaktifkan aplikasi tersebut ketika memang ingin menggunakan aplikasi memakai ram besar seperti game online, nanti gampang aktifkan kembali.

6. Lakukan Reset Pabrik Jika Perlu

Tips yang terakhir cara membersihkan ram hp xiaomi kamu bisa melakukan reset pabrik terhadap hp xiaomi jika memang perlu dilakukan.
Sebenarnya cara ini tidak perlu kamu lakukan karena kelima metode diatas saja juga sudah cukup untuk membersihkan ram hp xiaomi.
Reset pabrik perlu kamu lakukan jika memang ketika memakai metode diatas tetap tidak ada perubahan misal hp masih lemot dan sebagainya.
Tapi perlu kamu tahu bahwa hp xiaomi lemot buka hanya disebabkan oleh ram saja melainkan kebanyakan di sektor memori internal yang hampir penuh.
Untuk resep pabrik sendiri kamu bisa mencarinya di internet karena setiap hp xiaomi terlebih beda miui biasanya beda letak pengaturan resetnya.
Demikianlah informasi tips tentang cara membersihkan ram hp xiaomi yang bisa kamu lakukan, cara diatas bisa kamu terapkan di semua tipe xiaomi jadi jangan khawatir, semoga informasi diatas bisa bermanfaat terima kasih.

By admin