Cara Mengatasi Microsoft Word Not Responding Windows

Microsoft Word ialah perangkat lunak pengolah kata yang jadi program paket dari Microsoft Office. Microsoft Word jadi salah satu software yang berfungsi berarti serta sangat kerap digunakan mulai dari kanak- kanak sampai orang berusia. Sebagian perihal yang bisa dicoba dengan mengoperasikan Word meliputi menulis, membuat laporan, makalah, proposal, skripsi, serta sejenisnya. Sebab itu Microsoft Word terus direkomendasikan serta dibesarkan fitur khasiatnya.
Memandang Microsoft Word terus digunakan dalam keseharian ataupun pekerjaan, tidak menutup mungkin software ini rentan terhadap permasalahan tertentu. Sebagian pengguna sangat kerap hadapi permasalahan semacam aplikasi not responding, has stopped working, serta sejenisnya. Kala menemui permasalahan ini Microsoft Word tidak hendak merespon malah hendak berhenti, ataupun nge- stuck. Buat mengatasi permasalahan tersebut, Kamu dapat ikuti penyebab serta pemecahan mengatasinya berikut ini.

Penyebab Microsoft Word not responding

Terdapat sebagian perihal yang jadi penyebab program Microsoft Word not responding ataupun berhenti. Mungkin yang bisa pengaruhi perihal tersebut sebab banyaknya program yang dibuka secara bersamaan( multitasking), mengharuskan/ membuka aplikasi yang load lama secara berulang kali, serta add- in bermasalah. Buat informasi lebih lanjut, silakan ikuti sebagian penyebabnya berikut ini.
  • Multitasking berlebihan– Pada dasarnya, membuka program yang berlebihan dalam satu waktu bisa menimbulkan Microsoft Word jadi not responding. Perihal ini tidak mengherankan, terlebih lagi bila Kamu membuka program yang berat di pc/ laptop dengan spesifikasi rendah.
  • Microsoft Word bermasalah– Microsoft Word yang alami not responding pula bisa diakibatkan oleh bugs pada program dan file program yang corrupt. Buat memperbaikinya, coba jalankan fitur Repair Microsoft Office.
  • Add- ins error/ tidak berperan– Memanglah terdapatnya fitur Add- ins pada Microsoft Word bisa memberikan pengalaman tertentu untuk penggunanya. Di sisi lain bila Add- ins lagi bermasalah ataupun tidak berperan dengan baik, hingga bisa menimbulkan Microsoft Word not responding. Buat itu Kamu butuh memastikannya, apakah program hadapi not responding sehabis memasang Add- ins ataupun tidak.
  • Fitur AutoCorrect tidak berjalan dengan baik– AutoCorrect memanglah berperan buat menolong pengguna dalam membetulkan kesalahan penulisan. Tetapi dalam sebagian keadaan tertentu, pengguna pula mengalami permasalahan kala fitur ini diaktifkan.
  • dll.

Cara mengatasi Microsoft Word not responding

Kala pengguna Microsoft Word memperoleh permasalahan not responding, hingga terpaksa wajib menunggu lama aplikasi kembali wajar. Tidak sedikit pula yang berupaya langsung menutup aplikasi, tetapi percuma sebab aplikasi tidak bisa merespon. Kemudian gimana cara mengatasi permasalahan ini? Silakan ikuti sebagian tipsnya berikut ini!

1. End Task melalui Task Manager

Menghentikan program Microsoft Word melalui Task Manager

Tata cara awal yang dapat Kamu jalani merupakan dengan menghentikan ataupun menutup paksa program Microsoft Word melalui Task Manager. Cara ini kerap kali digunakan oleh sebagian pengguna pc/ laptop kala program hadapi not responding, tercantum Microsoft Word. Bila Kamu mempunyai dokumen yang belum disimpan, hingga dokumen tersebut berkemungkinan lenyap.
  1. Klik kanan pada Taskbar» pilih Task Manager.
  2. Ataupun dapat pula dengan mengetikkan Task Manager pada Start menu Windows.
  3. Temukan serta pilih program yang not responding tersebut.
  4. Pilih program» klik End Task buat menghentikan program.
  5. Berakhir.
Sehabis menutup program, coba buka kembali Microsoft Office yang Kamu pakai. Mudah- mudahan nantinya wajar serta tidak terdapat permasalahan apa juga yang timbul.

2. Restart Komputer/ laptop Anda

Lakukan restart perangkat

Tata cara berikutnya merupakan muat ulang pc/ laptop Kamu. Bila Kamu hadapi permasalahan not responding sehabis pembaharuan Windows ataupun Microsoft Office, hingga terdapat kemungkinan jika service ataupun komponen program tidak berjalan dengan baik. Mengingat kala meng- update program, sistem membutuhkan file DLL( Dynamic Link Library) buat diubah. File tersebut tidak bisa diubah apabila digunakan oleh OS ataupun aplikasi lain.
Sehingga Kamu butuh muat ulang pc/ laptop Kamu sehabis pembaharuan sistem ataupun program terinstall. Walaupun tipe Microsoft Windows yang lebih baru tidak membutuhkan restart, tetapi sebagian program bawaan serta program pihak kala masih memerlukan restart supaya sistem serta program bisa berjalan maksimal.

3. Mematikan fitur AutoCorrect

Semacam namanya, fitur AutoCorrect berperan buat mengecek serta membetulkan kesalahan dalam penulisan kata secara otomatis. Apalagi di dalam fitur ini, ada beberapa kamus kata yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Tetapi dalam sebagian keadaan tertentu, terdapat pengguna yang berpikiran bila fitur ini bisa menimbulkan Microsoft Word jadi not responding. Bila memanglah Kamu hadapi peristiwa yang yang mirip sehabis Kamu mengaktifkan AutoCorrect, coba matikan terlebih dulu fitur tersebut. Berikut langkah- langkahnya;
STEP 1:
Memilih fitur AutoCorrect

Langkah awal, buka program Microsoft Word. Setelah itu klik File di bagian pojok kiri atas» pilih Options. Sehabis dialog“ Word Options” tampak, silakan klik Proofing» AutoCorrect Options.
STEP 2: Berikutnya, hilangkan tanda centang di bagian“ Show Auto Correct Options Buttons” serta“ Automatically use suggestions from the spelling checker”. Sehabis itu, klik OK.
Mematikan fitur AutoCorrect

4. Menghapus Add- ins Microsoft Word

Menghapus Add-ins Microsoft Word

Pada dasarnya Add- ins sangat menolong pengguna buat melaksanakan pengeditan pada Microsoft Word. Hendak tapi, dalam sebagian keadaan, Add- ins pula bisa memunculkan permasalahan, salah satunya merupakan membuat Microsoft Word jadi not responding. Kamu butuh memastikan apakah instalasi Add- ins Kamu jadi penyebab utama permasalahan not responding ataupun bukan. Bila memanglah Kamu hadapi not responding sehabis menginstall Add- ins, hingga hendaknya hapus saja Add- ins tersebut. Buat menghapusnya, Kamu dapat ikuti langkah- langkahnya di dasar ini.
  1. Awal, buka Microsoft Word Kamu.
  2. Berikutnya klik tab Insert» pilih My Add- ins.
  3. Bila telah, dialog“ Office Add- ins” hendak timbul» klik kanan Add- ins» pilih Remove.
  4. Setelah itu klik Remove kembali, buat konfirmasi ulang.
  5. Berakhir.
winword/ safe
Bila Kamu tidak dapat membuka Microsoft Word sebab permasalahan error, Kamu dapat membukanya dengan mode safe. Klik Start menu» Windows System» Run, kemudian ketik perintah membuka Microsoft Word dalam mode safe» winword/ safe» kemudian klik OK.

5. Jalankan Repair Microsoft Office

Repair Microsoft Office

Berikutnya, Kamu pula bisa melaksanakan Repair Microsoft Office buat membetulkan kasus Microsoft Word yang not responding. Mengingat hambatan semacam ini tidak cuma diakibatkan oleh aspek luar saja, terdapat mungkin bila permasalahan ini ditimbulkan oleh instalasi program yang tidak sempurna, corrupt, permasalahan registry serta sejenisnya.
  1. Klik Start» pilih ikon Settings.
  2. Pilih Apps» Apps& features.
  3. Temukan serta pilih program Microsoft Office, pilih Modify.
  4. Terdapat 2 opsi repair, Online serta Offline. Pilih salah satu yang Kamu mau.
  5. Ikuti petunjuk repair hingga proses repair Microsoft Office sukses.
  6. Berakhir.
*Catatan: Opsi perbaikan program bisa Kamu jalani secara offline serta online. Tetapi aku sarankan buat melaksanakannya secara online supaya lebih optimal.

6. Pakai program alternatif lain

Bila dengan seluruh tata cara di atas tidak pula membetulkan permasalahan Microsoft Word yang not responding, buat sedangkan Kamu dapat memakai program alternatif pengolah kata yang lain. Tidak hanya program tipe desktop, Microsoft Office pula ada dalam wujud website apps. Kamu bisa mengakses sebagian layanan office dalam tipe website apps secara free dengan login memakai akun Microsoft Kamu. Tidak hanya dari Microsoft, Kamu pula bisa mengakses produk office dari Google bernama G Suite( Google Docs, Google Sheets, serta Google Slides). Seluruh produk tersebut bisa Kamu pakai secara leluasa serta free.
Buat tipe desktop, terdapat 2 aplikasi alternatif yang dapat Kamu jadikan opsi, ialah WPS Office serta LibreOffice. Keduanya pula bisa Kamu pakai secara leluasa serta free.
Microsoft Word yang hadapi not responding kerap kali terjalin pada pc/ laptop dengan spesifikasi rendah. Saat sebelum menginstall Microsoft Office, lebih baik yakinkan terlebih dulu sistem serta perangkat Kamu sudah penuhi system requirement yang diperlukan. Tidak hanya itu, terdapatnya kegiatan multitasking yang berlebihan pula bisa menimbulkan Microsoft Word hadapi not responding. Buat itu, Kamu wajib pintar- pintar dalam mengendalikan sumber daya perangkat Kamu.
Seperti itu sebagian panduan yang dapat Kamu jalani dalam mengatasi Microsoft Word yang not responding. Bila terdapat suatu yang butuh Kamu tanyakan ataupun sampaikan, tulis lewat kolom komentar di dasar ini. Terima kasih serta selamat berupaya!
Apa yang bisa dilakukan apabila file belum tersimpan dalam keadaan not responding?
Terdapat 2 cara yang bisa Kamu jalani kala hadapi hambatan not responding. Yang awal, menunggu program Microsoft Word sampai berjalan maksimal kembali. Ataupun Kamu dapat keluar dari program, setelah itu buka kembali Microsoft Word( terkadang program hendak memulihkan data/ file Kamu secara otomatis dikala membukanya kembali, walaupun tidak 100%).
Mengapa Microsft Word sering macet ketika dibuka?
Hambatan ini kerap kali terjalin kala Kamu membuka file Word dengan ukuran yang sangat besar, ditambah dengan spesifikasi perangkat yang Kamu miliki sangat rendah. Tidak hanya itu, terdapatnya proses multitasking yang berlebihan dan Add- ins yang sangat banyak pula bisa menimbulkan Microsoft Word macet serta error. 

By admin